Minggu, 24 Januari 2010

[rm2k3]eventing : belajar event switch

Baiklah tutor ini buat para newbie rm2k3(rpg maker 2003)
Switch digunakan dalam eventing, agar event tidak selalu diulang, agar anda mengerti
maksudnya saya akan kasih contohnya, jika anda ingin mengambil buah.

ini dia tutornya!

1.bikin event seperti ini.
ket:
a.message : kamu dapat buah = akan menampilkan pesan yaitu"kamu dapat buah"
b.chage items : buah 1 add = akan mnambahkan item "buah" ke dalam inventory kamu! untuk item buah, anda harus bikin dulu di database.
c.switch operation :[0001:buah] on = berarti switch "buah"(bikin terlebih dahulu di switch operation) akan menyala.

2.klik new page dan ikuti gambar ini.
ket:
a.kotak switch, harus diklik pada bagian atas, berarti eventnya pindah ke page 2. kenapa? agar event pada page 1 tidak diulang.
b.kosongkan kotak grafik agar pada saat buahnya diambil, pohonnya menghilang.

3.Lalu jika kita tes akan tampil seperti ini.
karena buahnya telah terambil maka pohonnya akan menghilang.

Anda bisa memvariasikan dan mengembangkan tutorial switch ini dengan gaya anda sendiri. semoga tutornya berguna.^,^

2 komentar:

  1. Gan. gini nih. saya mau nanya, saya kan Newbie master tingkat parah masalah Switch dan Variable. saya mau nanya, gimana buat Quest. misalnya, kita mau mauk ke pintu dungeon, tapi di jaga seseorang. aku buat message. kamu harus mengalahkan white dragon untuk lewat ke dungeon selanjutnya. nah gimana biar kita bunuh white dragon dan kembali. dan muncul message silahkn lewat karenamembunuh bla bla..?

    BalasHapus